Looping Dalam Nuendo












Disini saya akan memperkenalkan dan membahas tentang Nuendo3. Digital Audio Workstation yang satu ini memang mempunyai ribuan fitur dan fasilitas yang sangat kompleks. Berbagai kemudahan dan kerumitan proses multitracking tersimpan disana...















Sebelumnya kita sudah membahas apa itu MIDI secara universal, bagaimana dan apa hubungannya dengan Virtual Studio Technology bagi Nuendo 3. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas panjang lebar mengenai “Cycle”. Yah, istilah ini, memang terdengar kurang familiar, namun sebenarnya fungsinya sangat sering digunakan, lebih-lebih kita yang bergerak dibidang musik digital.













Cycle mempunyai artian yang sama dengan looping, yaitu memutar-mutar ulang perbagian atau penuh lagu yang kita inginkan. Dalam banyak perbincangan, inilah yang membuat identik sama antara musik digital dengan Disc Jokey, yang sebenarnya looping hanya merupakan bagian kecil saja dari sebuah proses musik digital. Cycle mempunyai fungsi yang sangat beragam dalam mengaplikasikannya, semisal untuk merekam secara otomatis dengan mengkombinasikan punch in dan punch out, meloncati perbagian lagu saat proses playback, dll.








Dalam melakukan proses looping didalam program Nuendo 3, ada beberapa fasilitas tambahan yang perlu kita tahu terlebih dulu. Bagi beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa itu looping ?… Looping terjadi ketika anda ingin memutar lagu hasil anda yang sudah rekam, kemudian anda ingin mendengarkannya kembali dan lagi, maka yang terjadi adalah anda akan sibuk dan disibukkan dengan meng-klik ulang project cursor yang selalu bergerak.













Beberapa fungsi didalam program Nuendo 3 yang perlu anda ketahui sekitar Cycle.
- Locator, (Gambar 3) mempunyai fungsi memblok bagian bar lagu yang kita inginkan.
- Transport Panel (Gambar 4) berfungsi sebagai shortcut atau penyedia panel-panel yang berhubungan dengan record dan playback track.
- Punch in, (Gambar 5) berfungsi untuk mengaktifkan secara otomatis tombol record ketika project cursor melewati bagian kiri Locator. Dapat diakses dengan shortkey “i”
- Punch out, (Gambar 6) berfungsi untuk menghentikan secara otomatis tombol record ketika project cursor melewati bagian kanan Locator. Dapat diakses dengan shortkey “o”















Playback dengan Cycle

Anda dapat memutar dan menghentikan playback dengan cara ini, tanpa harus memindahkan secara manual cursor pada lokasi bar yang anda inginkan. Bagaimanapun, cara ini lebih praktis untuk mem-playback bagian rekaman anda dan bagian yang ingin anda putar berulang-ulang.

1. Klik pada bagian track yang sudah direkam (Audio track maupun MIDI track), hanya untuk memastikan track yang anda inginkan sudah dipilih.
(Pada track yang sudah di-Klik akan muncul garis merah (red border) yang mengelilingi setiap samping track)

2. Pilih pada pada toolbar menu Transport dan kemudian pilih “Locator to Selection” atau dengan menggunakan shortkey “P”.
(Dengan begitu bagian kiri dan kanan locator akan men-setting secara otomatis pada awal dan akhir track yang anda “Klik” . Anda juga dapat men-settingnya dengan cara menggeser secara manual)

3. Klik tombol Cycle pada Transport panel (F2) hingga aktivasinya menyala menjadi biru.






4. Gerakkan project cursor pada bagian awal track dan kemudian “Play”.
(Aktifkan proses playback, ketika project cursor akan menyentuh track pada bagian akhir locator sebelah kanan, akan secara otomatis meloncat kembali pada locator sebelah kiri dan terus melanjutkan proses playback dan seterusnya. Saat anda selesai, klik tombol “Stop” pada Transport panel (F2)).
Dalam prakteknya, Cycle atau yang dikenal dengan looping, digunakan dalam menganalisa kembali hasil rekaman yang sudah dilakukan, juga biasa digunakan sebagai bahan dasar untuk menambahkan melody atau instrumen lain guna menyempurnakan proses rekaman. Bagi sebagian genre musik, looping digunakan untuk mengeksplorasi suara efek, beat drum sebagai pemicu hentakan semisal musik DJ, dan beberapa aplikasi yang lain. Masih banyak lagi yang dapat kita lakukan dengan fasilitas Cycle ini.



Demikian informasi tentang Nuendo3 dari saya.Semoga bermanfaat...^.^




Kalian juga dapat download tutorial nuendo3 yang lainnya disini :

1. Tutorial Nuendo Part1 : Setting Nuendo
2. Tutorial Nuendo Part2 : Komponen Layar Nuendo
3. Tutorial Nuendo Part3 : Editing Tool Nuendo
4. Tutorial Nuendo Part4 : Merekam Data MIDI
5. Tutorial Nuendo Part5 : Gitaris dan Bassis Virtual
6. Tutorial Nuendo Part6 : Drummer dan Keyboardist Virtual
7. Tutorial Nuendo Part7 : Mengedit MIDI




(komputek)